1. LENSA

Umumnya setelah kita memiliki foto DSLR untuk pertama kalinya, inilah hal yang paling diinginkan untuk bisa ditambahkan bagi orang yang masih awam. Banyak macam-macam kamera yang tersedia dalam pasaran dengan kelebihan yang berbeda-beda pula. Ada yang dilengkapi dengan fish eye, red eyes, dan masih banyak lagi. Lensa sendiri memiliki fungsi untuk menentukan jauh dekatnya object yang akan diambil oleh kamera.

2. TELE-CONVERTER

Asesoris ini untuk meninggikan focal length pada kamera DLSR sehingga akan lebih optimal jika dipasangkan pada kamera super tele tergantung tipe converter telenya sendiri. Pada gambar tertulis TELE-CONVERTER 2X, maksud dari keterangan itu adalah meningkatkan 2x lipat zoom maximal lensa yang kita miliki. Sebagai contoh kita memiliki kamera dengan zoom paling jauh adalah 200mm, maka jika alat itu dipasang akan menjadi 400mm.

3. EXTENSION TUBE

Ini adalah asesoris kebalikkan dari TELE-CONVERTER. Jika TELE-CONVERTER berguna untuk meningkatkan zoom terjauh, maka EXTENSION TUBE berguna untuk lebih mengecilkan zoom terdekat. Asesoris ini digunakan dalam pemotretan foto macro atau object yang kecil. Seperti bunga, kepik, dan lain-lain.

4. BELLOWS

Asesoris ini sama dengan EXTENSION TUBE. Bisa kita lihat pada gambar yang aku cari dari beberapa sumber, dengan alat ini kita tidak perlu bongkar pasang untuk menetukan jauh/dekatnya permukaan sensor. Sehingga dengan begitu memungkinkan kita untuk mengatur fokus yang diinginkan.

5. REVERSE RING

Pernah atau nggak anda mendengar beberapa photografer bilang "NGGAK USAH BELI LENSA MACRO BARU. KALAU MAU PHOTO MACRO, CUKUP BALIK AJA LENSANYA". Tapi pernahkah anda coba? Bisapun sangat sulit karena sering kali tidak pas saat membidik object, malah nggak terlihat. Object blur nggak ada jelasnya sama sekali. Alat ini digunakan untuk itu, yaitu untuk memasang lensa secara terbalik pada DSLR. Jika lensa yang harga paling murahnya adalah >=700rb, maka dengan alat ini dengan harga tertinggi berkisar 250ribuan kita sudah dapat kualitas kamera macro pada DSLR kita selama DSLR yang kita punya masih terdapat lensanya.

6. MOUNT ADAPTER




Singkat cerita suatu waktu, ada teman/saudara anda yang memiliki hobi yang sama yaitu potret memotret object dengan DSLR. Alangkah baiknya teman/saudaramu itu, di hari ulang tahunmu walaupun bekas ia berbaik hati memberikan kado salah satu koleksi lensanya kepadamu. Sangking baiknya lensa yang diberikan kepadamu adalah lensa yang terbaik yaitu lensa NIKON AF-S 600mm f/4.0G IF-ED VR N yang di pasaran seharga berkisar Rp 118.856.000,-. Nah, masalahnya adalah teman/saudaramu itu tidak tahu jika kameramu bukanlah NIKON seperti miliknya tapi CANON. Sayang kan kalau nggak terpakai oleh kameramu? Alat inilah solusinya. tanpa perlu membeli DSLR baru yang sama NIKON_nya. Cukup lengkapi kamera CANONmu dengan MOUNT_ADAPTER yang menghubngkan lensa NIKON teman/saudaramu itu dengan CANON milikmu. Keren kan? Dalam Istilah IT bisa kita sebut dengan CONVERTER. Dengan begitu kamupun tetap bisa menggunakan lensa hebat itu tanpa perlu buang-buang uang banyak untuk membeli kamera baru.

Categories:

Leave a Reply