Ketika akan memodelkan suatu benda, diperlukan penambahan titik hingga terbentuk sebuah garis. Garis-garis ada tersebut tertutup menjadi sebuah bentuk bangun.
Dalam Blender, mode default yang aktif adalah object_mode. Penambahan titik, garis, dan bangun ini terdapat pada edit_mode.


Perlu anda mengenal 3 elemen yang umum digunakan untuk direkayasa dalam modelling yaitu titik (vertex), garis (edge), dan sisi (face).

>> Extrude (e)
Fungsi ini digunakan untuk menambahkan.
>> delete (x / Del)
Fungsi untuk menghapus. Untuk menghapus dalam object_mode, terdapat banyak macam. Namun cukup gunakan sesuai dengan 3 elemen di atas.

>> Add face(f)
Menambahkan face. Pilih dahulu titik - titiknya hingga membentuk sisi tertutup. Saat shortcut ini ditekan, maka titik yang dipilih akan otomatis tertutup membentuk sebuah face.

>> Merge(Alt + m)
Untuk menggabungkan elemen yang dipilih.

Berikut shortcut dasar yang digunakan untuk merekayasa objek. Dengan cukup hanya mengetahui shortcut tersebut, penulis meyakini jika anda bisa membuat suatu objek 3D sederhana dengan Blender.

Categories:

Leave a Reply