Dalam 3D Blender, maksud dari istilah pada judul ini adalah layaknya papercraft.
Bentuk 3D yang dibuat dalam Blender, diberikan warna melalui software grafis lainnya. Anda dapat menggunakan Corel_Draw, Photoshop, Illustrator, atau jika kurang paham dengan software-software tersebut, anda dapat menggambarnya melalui software bawaan dari windows yaitu Paint.

1.) Anda siapkan dahulu objek 3D nya pada Blender. Penulis menggunakan tabung untuk supaya lebih mudah dipahami.


2.) Masuklah ke dalam edit_mode, seleksi garis seperti gambar berikut.

3.) Garis yang dipilih di atas kita gunakan sebagai perpotongannya. Anda tekan Ctrl + E, pilih mark_seam,

4.) Kita buat tampilan jendela dalam Blender menjadi 2 bagian. Pada bagian pojok kanan atas, ada seperti garis-garis diagonal. Anda click dan tarik ke kiri.

5.) Rubah salah satu jendela ke dalam UV/Image_editor,

6.) Seleksi seluruh sisi pada tabung, tekan U - unwrap,

7.) click UVs - export_UV_layout, lalu tentukan tempat untuk menyimpan layout tersebut,

8.) Hasil export tersebut anda edit ke dalam software grafis untuk anda warnai,

9.) Kembali ke project blender, masukkan gambar yang sudah anda edit ke dalam blender dengan click image - open_image,

10.) Masukkan texture (Lihat Texturing) pada objek tersebut, dengan tambahan settingan texture seperti pada gambar berikut,

11.) Hasilnya baru akan terlihat saat anda render dalam bentuk image dengan menekan F12.

Categories:

Leave a Reply