Materi berikut adalah memberikan tulang ke dalam objek 3D yang anda buat. Yang saya share ke anda hanyalah dasar penggunaan tulang atau armerture istilah dalam Blender.
1.) Buatlah 1 buah tabung. Berikut penampakan tabung ke dalam edit_mode,
2.) Di tengah tabung tersebut anda tambahkan bone,
3.) Untuk supaya bone dapat dilihat meski view objek 3D anda masuk ke dalam bentuk solid, anda check X-Ray pada icon armerture,
4.) Masih fokus ke dalam bone anda, masuk ke dalam edit_mode,
5.) right_click bone dan letakkan bone tersebut ke bawah tabung,
6.) Tarik kepala bone ke ujung tabung, sehingga bone anda seolah-olah terlihat seperti anda scale,
7.) Right_click bone anda, tekan w - subdivide,
8.) Anda kembalikan ke dalam objek_mode,
9.) Right_click objek 3D anda, shift + Right_click bone yang ada di tengah, tekan Ctrl+P dan pilih With_Automatic_Weights,
Untuk tes hasilnya, anda fokuskan dahulu ke bone-nya, masuklah ke dalam pose_mode. Dan anda bisa putar-putar tulang yang sudah anda sambungkan ke dalam objek 3D.
Categories: